PEMBINAAN PENATAAN ARSIP INAKTIF SEKRETARIAT DPRD

Humas Setwan- dalam rangka pendampingan penataan arsip inaktif sekretariat DPRD kabupaten Tanah Bumbu untuk tahun 2005 hingga 2017, Sekretaris dewan (Sekwan) H.Mukhlis,SH.MM.M.Hum undang dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu Ke Sekretariat DPRD, Selasa (3/8/21).

Adapun yang berhadir pada saat itu kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu melalui kabid Perpustakaan dan Kearsipan, Hj. Noryana, S.Sos, MM bersama jajarannya dan disambut langusng oleh sekwan yang turut didampingi tim arsip dari sekretariat dprd.

Kedatangan mereka selama dua hari merupakan permintaan sekretaris dewan , Mukhlis melalui surat dengan ketentuan pendampingan menyesuaikan jadwal yang ditetapkan oleh dinas terebut untuk melakukan pembinaan serta pengawasan

Diketahui bahwa sistem pengelolaan tata kearsipan seluruh skpd di Tanah Bumbu sebelumnya diatur berdasarkan pengelolaan pertahun karena tidak adanya petunjuk yang mendasari hal tersebut, namun dalam kondisi ini pihak dinas terkait telah jemput bola dengan bersedia memberikan pemahaman langsung kepada personil arsiparis skpd.

Pembinaan terhadap sumber daya manusia hendaknya dimulai dengan penyamaan persepsi atau pandangan mengenai tata cara pengelolaan arsip baik dari pimpinan maupun para pegawai dalam suatu lembaga.

Dalam pelaksanaan ini menurut Noryana adalah sebagai langkah awal persiapan menuju rencana pembinaan penyusutan arsip pada waktu akan datang yang akan dilakukan oleh sekretariat dprd setelah penataan seluruhnya didata perkode.

Sementara sekwan mengatakan Kegiatan pembinaan dan pendampingan oleh lembaga kearsipan daerah dalam hal ini berlaku sebagai instansi pembina terhadap unit kearsipan dan arsiparis perlu diberdayakan dengan lebih dinamis agar dapat membantu menangani penataan arsip di satuan kerja lain sesuai dengan kebutuhan.

RelAY/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *